Diberdayakan oleh Blogger.

Hal-hal Tak Terduga saat Liburan - #13SBcusBandung

Stasiun Bandung. Source: dokumentasi pribadi

Alun-alun Bandung. Source: dokumentasi pribadi

#13SBngetrip. Source: dokumentasi pribadi
Kali ini gue mau sedikit berbagi pengalaman trip liburan ala-ala #13SBcusBandung. Seru banget liburannya gila! Gue liburan ke Bandung bareng temen-temen kuliah gue bersembilan, terdiri dari 2 cowok dan 7 cewek. Kita naik kereta, terus sewa motor buat jalan-jalan selama di Bandung. Konvoi ala-ala geng motor gitu ceritanya. Biar kaya Dilan katanya. Pret.
Coba cek aja video singkatnya di #13SBngetrip #13SBcusBandung 

Yang namanya liburan pasti pengennya happy dan lancar ya. Tapi ya namanya 'musibah' mah ada aja mau lagi liburan atau ngga. Mau prepare dari jauh hari kalo emang 'musibah' ya mau gimana lagi. Tapi tentunya bukan berarti ga bisa diantisipasi ye kan? So, gue mau share sedikit mengenai 'musibah' yang terjadi waktu trip ke Bandung 7-8 April kemaren.

1. Ketinggalan kereta berangkat
Tiket kereta udah dipesen dari akhir Februari pake Traveloka biar ga keabisan dan bisa duduk deketan di keretanya. Jadi gue dan temen-temen untuk berangkat dari stasiun Bekasi karena kita naik kereta jam 5.37 pagi dan beberapa yang cewek mau nginep di rumah salah satu dari kita di Bekasi. Enaknya emang naik dari Gambir tapi ga bakal kekejar kalo sepagi itu dan berangkat dari Bekasi. Juga alasan lainnya adalah kebanyakan anak Bekasi jadi ya ngikut aja yang lain mah.

Kita udah prepare segalanya supaya ga telat. Nginep dan berangkat pagi-pagi banget supaya Subuh di stasiun aja sampe udah nuker boarding pass beberapa hari sebelumnya.
Ada salah satu dari rombongan ini yang ternyata harus ngajar dulu pas malem sebelom berangkat, jadi dia mutusin untuk ga ikut nginep dan berangkat pagi naik KRL dari Depok ke Bekasi. Jauh ya cuy.

Long story short, pas yang lain udah sampe stasiun Bekasi, she was still at Manggarai. Sebenernya bisa cepet dari Manggarai ke Bekasi, tapi KRLnya emang lama. Mendekati jam keberangkatan, dia masih di stasiun Cakung. Kita udah pada deg-degan aja dia ga sampe stasiun on time. Padahal cuma 2 stasiun lagi kalo ga salah.

Ternyata KRL yang dia naikin disalip sama Argo Parahyangan yang kita bakal naikin ke Bandung, dan KRLnya ketahan masuk Bekasi. Tepat banget KRL dia sampe stasiun Bekasi, Argo Parahyangan jalan dong cuy.

Gila sih gue udah stress banget itu cuma selisih 2 menit dan temen gue ketinggalan kereta. Akhirnya kita saranin buat nyusul naik travel dari BCP.
Unfortunately, pas temen gue ke BCP si travel itu ga ada. Mungkin udah ga ada poolnya lagi di situ. Jadilah dia ke terminal dan nyusul naik bis, baru kita jemput di terminal Leuwipanjang.

Jadi dateng lebih cepet ke stasiun itu berguna banget untuk mengantisipasi hal-hal yang mungkin bisa menunda lo boarding ke kereta. Dateng 30 menit lebih awal dari keberangkatan kalo lo belom nuker boarding pass, atau belom solat, atau mau beli jajanan dulu. Karena sayang banget tiket lo angus karena lo telat boarding.

2. Apartment jauh banget dari pusat kota dan berbeda dengan ekspektasi
Karena yang ngikut banyak kaya rombongan sirkus, gue cari hotel/penginapan/apartment yang mampu nampung 9 orang berbadan aduhai ini dengan harga yang cocok sama dompet fresh-graduate-baru-kerja macem kita. Di Traveloka ga ada yang bisa nampung at least 4 orang per kamar dengan harga di bawah 300ribu di kawasan Cihampelas-Dago dan sekitarnya. Ya iya atuh pusat kota mana ada yang segitu. Yang 300ribuan cuma bisa 2 orang per kamar. 

Sampe akhirnya di Traveloka gue nemu apartment di daerah Antapani yang satu kamar bisa 4 orang dengan rate 204ribu per kamar. So, temen gue telpon lah ke apartment itu buat konfirmasi kalo 1 unit apartment terdiri dari 2 kamar yang masing-masing kamar bisa nampung 4 orang. And they said yes, 1 unit ada 2 kamar dan masing-masing bisa untuk 4 orang. Terus kita juga sempet tanya harga yang di Traveloka itu adalah harga per kamar, bukan per unit. Jadi kesimpulannya adalah 1 unit terdiri dari 2 kamar untuk 8 orang dengan harga 204ribu per kamar, which means kita harus bayar 409ribuan untuk 2 kamar. Oke ga ada masalah dong ya.

Sesampainya kita di Bandung, kita udah booking sewa motor dan motornya udah dianter ke stasiun Bandung. So, kita jalan lah membelah kota Bandung dari stasiun sampe Antapani dengan modal Google Maps aja. Sebelumnya kita udah cek jarak dari stasiun ke apartment sekitar 45 menitan. Ga gitu jauh lah di otak gue yang cuma sesendok Nyam-nyam ini. Jadi dari stasiun kita ke terminal dulu jemput temen gue yang ketinggalan itu, baru ke apartment.

Ternyata itu apartment jauh banget dong cuy dari mana-mana. Jalan ke apartmentnya aja kita sampe masuk perumahan gitu. Bahkan di sekitar apartmentnya masih ada sawah dong ya cuy. Literally jauh banget.

Pas check-in, ternyata yang disiapin itu adalah 2 unit apartment dengan jumlah 8 kamar. Kocak banget sih gue sama temen-temen gue sampe bingung gitu karena beda sama konfirmasi awal. Tapi harganya sih bener. Cuma ternyata miskomunikasi sama pihak apartmentnya.

Sialnya, kirain itu unit sebelahan gitu kan karena di kuncinya tulisannya 28/26 dan 29/26. Ternyata beda lantai tapi nomor kamarnya sama. Gila banget sih pas tau ternyata access cardnya ga bisa dipake bebas ke lantai mana aja jadinya gue dan temen-temen gue komunikasinya via Line dan teriak-teriakan di balkon kamar. But pemandangan dari balkon gilaaaaa cakep banget cuy! Sawah dan rumah-rumah dengan latar gunung, plus unit yang kita dapet menghadap ke timur persis. So it's really beautiful to see the sunrise from the balcony.

So, make sure tempat nginepnya mudah dijangkau dan ga begitu jauh dari destinasi wisata utama. Tanya dan konfirmasi secara detail mengenai penginapan yang dituju kaya kalo booking lebih dari 1 kamar bisa dibooking sebelahan atau ngga, terus tanya juga untuk tarif parkirnya flat atau progresif karena kemaren gue kena progresif soalnya gue keluar parkiran kurang dari 5 jam sejak masuk. Selebihnya flat.

3. Keujanan dan motor mogok malem-malem
Rencana awalnya malem minggu itu kita mau ke Dago dan sekitarnya nyari Seblak Sultan sama bolu bakar yang terkenal banget itu. Kira-kira jam 5 kita keluar apartment, eh taunya di jalan ujan. Tapi kita lanjut terus dengan modal jas ujan bawaan motor rental dan Google Maps ke bolu bakar itu. Entah gimana ceritanya, ga ketemu si bolu bakarnya. Mungkin kitanya yang nyasar sih namanya juga geng motor abal-abal.

Akhirnya dengan tetep menembus ujan, kita ke Kedai Mie Dago karena udah laper dan pengen cari yang anget abis keujanan. Sambil makan kita ngomongin destinasi malem itu mau ke mana lagi dan untuk besoknya juga mau kemana. Gitu lah kalo traveller noob ga jelas mau ke mananya.

Long story short, setelah makan salah satu temen gue sakit karena keujanan dan kurang istirahat karena dia pun baru balik dari luar kota sebelom ke Bandung. Akhirnya formasi konvoi diubah dan bikin kode-kode buat belok dan berenti karena beberapa kali gue sempet ketinggalan pas konvoi. Ini karena gue sering banget ketikung sama angkot dan mobil. Gue yang tadinya nyetir motor dan bonceng temen gue yang sakit itu, akhirnya diubah jadi gue dibonceng sama temen gue yang nyetirnya lebih bisa nyelip dan temen gue yang sakit dibonceng temen gue yang cowok.

Pas udah memasuki wilayah Antapani, tepatnya di depan Borma, tiba-tiba motor yang gue naikin mati total dan sama sekali ga bisa nyala. Sebelumnya motor ini sempet mati 2x di jalan tapi masih bisa nyala lagi. Akhirnya gue dan 1 motor lagi berenti dan nelpon ke rental minta ganti motor dsb. Tapi ternyata pihak rentalnya ga bisa nganter ke Antapani karena di sekitar situ ga ada bengkel yang bisa nanganin motor yang mogok itu.

Sambil nunggu, gue ke Borma sama temen gue beli Tolak Angin dan gue beli sendal jepit karena sepatu gue udah basah banget. Begitu balik ke halte tempat nungguin motor mogok itu, ternyata temen gue yang cowok yang bertindak sebagai ketua rombongan sirkus sempet ngobrol dan minta bantuan ke anggota konvoi motor custom. Si Aa dan pacarnya ini mau bantu kita dengan setut (motor belakang ngedorong motor yang mogok pake kaki di knalpotnya) sampe ke bengkel langganannya di Dipati Ukur. 

Itu gila banget sih dari Antapani setut motor sampe Dipati Ukur dan Aa itu ngebut di tengah jalan malem-malem dan ujan-ujan. Jauh banget gila. Akhirnya ga lama sampe di bengkel itu, pihak rentalnya dateng dan ganti motor dengan motor lain sambil si rental ngurusin motornya di bengkel. Jadilah gue berempat konvoi lagi 2 motor malem-malem keujanan dari Dipati Ukur ke Antapani lagi.
Singkatnya, kita ketolong banget sama si Aa dan pacarnya yang mau bantu setut motor sampe ke bengkel. Masih banyak orang baik di dunia ini.

Kalo soal motor rental, pastiin motornya dalam kondisi yang baik untuk dibawa jalan ke pihak rental. Jangan lupa buat plan kalo ujan mau ke mana dan mau ngapain. Juga jangan dipaksain terlalu banyak destinasi kalo mau ala-ala konvoi supaya ga capek dan ga sakit. Dan sepakati kode-kode konvoi semisal untuk belok yang motor paling depan angkat tangan karena biasanya ga begitu keliatan lampu sennya sama yang belakang, atau klakson 3x kalo ada yang ketinggalan rombongan supaya berenti.

4. Destinasi wisata yang ga tercapai
Akibat pada keujanan malemnya dan pada masuk angin, yang tadinya kita mau ke Orchid Forest pas Minggu pagi batal. Karena pada capek, jadi ada yang kesiangan bangun dan akhirnya udah ga keburu untuk ke Orchid Forest yang lokasinya di Lembang karena kereta pulang kita jam 4.10. Akhirnya setelah sarapan, kita jalan ke Forest Walk. Ya lumayan kan dapet juga suasana hutannya sedikit. Siangnya kita ke Alun-alun buat solat Zuhur, jalan-jalan liat cosplay di sepanjang jalan, dan makan siang.

Intinya, semua destinasi yang kita mau ga ada yang tercapai. Orchid Forest, Armor Coffee, Seblak Sultan, sampe bolu bakar ga ada yang kesampean. Bahkan kita udah rencana berenang di apartment sampe udah pada bawa baju renang juga ga kesampean karena masih pada masuk angin akibat keujanan.

Begini lah kalo kelamaan diskusi destinasi tanpa memperkirakan jarak dan cuaca. Untungnya di Bandung banyak spot rekreasi yang bisa jadi alternatif destinasi yang ga kesampean itu. For example, Forest Walk yang bisa buat foto-foto juga, Alun-alun Bandung yang juga banyak spot foto terutama banyaknya cosplay yang seru banget

Kesimpulannya, kalo mau liburan sebaiknya didiskusikan dengan baik dan benar destinasinya mau kemana aja. Jaga kesehatan dan sedia P3K dan obat pribadi just in case keujanan dan masuk angin yang berakhir dengan pilek kaya gue.
...............................................................................................

Nyesel? Ngga. Sama sekali ga nyesel walaupun banyak hal ga terduga yang terjadi di liburan kemaren. Karena buat gue yang paling penting adalah liburan bareng temen yang enak diajak jalan dan liburan on budget. Secapek apa pun, yang penting semua happy karena liburan bareng temen. Malah kita udah planning untuk trip selanjutnya mau ke mana.

Udah gitu aja. Semoga bermanfaat. Bye
...............................................................................................

Trip on budget di Bandung:
- Tiket kereta Bekasi-Bandung PP: 180.000/orang
- Apartment Tamansari Panoramic: 409.000+ untuk 2 unit apartment kapasitas 4 orang/unit
- Sewa motor matic: 75.000/motor/hari
- Parkir motor di stasiun Bandung dari Jumat malem-Sabtu pagi: 12.000/motor
- Parkir motor di apartment: 2.000/jam kalo check out kurang dari 5 jam. Lebih dari 5 jam flat 7.500

Total budget awal: 320k/orang

You May Also Like

0 komentar