Diberdayakan oleh Blogger.

Cerita tentang Hijrah

Udah tiga minggu gue (akhirnya) berhijab. Masih seumur jagung ya? Ga banyak orang yang tau kenapa akhirnya gue memutuskan untuk berhijab. So I decided to share a short story behind my big decision. Alasannya simple sih. Gue takut hari pertama gue berhijab adalah hari terakhir gue bernafas di dunia. That's it.
Keinginan buat berhijab sebenernya udah ada dari SMP. Tapi dulu ya karena ikut-ikutan temen. Akhirnya ga jadi. Gitu terus sampe kuliah. Keinginan itu muncul lagi di awal taun 2017 ini. Tapi masih mempertimbangkan "ga mau pake hijab dulu kalo belom siap. Dari pada nanti udah pake malah lepas lagi karena ga siap." Selain itu masih ada keinginan buat 'show off' punya rambut panjang yang padahal ga bagus-bagus amat dan punya badan (alhamdulilah) ideal. Masih pengen pake baju ngetat dan pendek. Masih pengen 'nakal' lah (but not that kind of 'nakal' yang minum alkohol/ngerokok/aneh-aneh).
Gue pun akhirnya mempertimbangkan untuk berhijab nanti kalo udah dapet kerja, karena takut dipersulit kalo berhijab. Akhirnya gue berdoa minta dimantapkan niat untuk berhijab. Mulai ngerajinin solat yang tadinya banyakan skip daripada ga skipnya. Ikut liqo sekali walaupun agak terpaksa. Mulai biasain baca Alqur'an lagi walaupun udah ga lancar karena ga pernah baca lagi.
Sampe suatu hari diminta jadi MC acara tabligh di RW, which means that harus pake hijab. Oke gue pake hijab. Itung-itung uji coba dulu deh. Awalnya panas, gerah, ga betah deh. Tapi gue coba niatin lagi untuk masa uji coba ini. Kuasa Allah emang ga bisa dibantah. Rasa panas itu cuma bertahan setengah jam pertama. Setelahnya adem banget banget banget walaupun cuaca hari itu terik banget.
Dari situ muncul pertimbangan untuk berhijab setelah wisuda. Jadi cari kerja udah pake hijab. Gue mulai yakin rezeki ga bakal kemana. Kenapa harus setelah wisuda? Lagi-lagi pertimbangannya adalah mau pake kebaya wisuda yang backless dan ngepas badan buat show off.
Sampe suatu hari seorang temen yang kelakuannya sama gilanya dengan gue, temen seperghibahan gue, seperhujatan gue, berhijab lebih dulu. Katanya supaya dipermudah segala urusannya. Pas gue ketemu, gue cuma bilang "jangan dicopot lagi ya. Gue ga suka ada yang udah niat pake tapi dicopot lagi." Ironis ya gue bisa bilang begini tapi guenya belom berhijab. Ngeliat temen gue udah berhijab duluan, ada sedikit pemikiran "gue kapan ya?" Ditambah lagi beberapa temen yang lain nanya "lo ga ikutan?" Ya, jadi tamparan sih sebenernya.
Selama masa pertimbangan itu, sering banget di Instagram ada postingan soal menutup aurat, lengkap dengan ayatnya, dan segala macemnya. Banyak postingan self-reminder yang bikin gue berpikir apa semua itu petunjuk untuk segera berhijab. Ditambah lagi banyaknya postingan mengenai LGBT dan topik skripsi gue yang juga mengenai LGBT, cuma bisa bikin istighfar karena sadar mungkin kiamat is so much closer than I thought.
Di suatu hari Minggu, gue pergi sama papa. Gue seneng banget padahal cuma ke PMI buat donor. Mungkin karena udah 2 bulan papa di Bandung buat jagain cucunya karena kakak ipar gue udah berangkat S2 ke Jepang dan kakak gue kerja. Seumur-umur gue ga pernah tinggal jauh dari papa dan hari itu gue sadar gue kangen banget sama papa. Tiba-tiba di jalan pulang keinget ada yang pernah bilang ke gue "seorang ayah ga perlu jalan lewatin jembatan Shiratal Mustaqim (well I don't really know the correct spelling. Sorry) jika anak perempuannya sudah menutup aurat. Si ayah juga akan terlindung dari jilatan api neraka jika anak perempuannya sudah menutup aurat." I don't know if it's correct or not, sejujurnya gue lupa persis kalimatnya kaya apa. Tapi ini cukup bikin gue langsung merasa takut ga bisa berbakti sama orang tua di dunia dan akhirat. Sampe rumah, gue akhirnya mantap untuk berhijab mulai hari Rabu. Kenapa Rabu? Hari Rabu itu bertepatan dengan hari ulang taun gue yang ke 22.
Hari Senin, gue mulai buka-buka Pinterest untuk nyari style hijab yang kira-kira bisa gue coba. Tiba-tiba gue kepikiran "kalo gue ga sampe hari Rabu gimana ya?" Itu selalu terngiang di kepala gue sepanjang hari Senin.
Akhirnya di hari Selasa, gue memutuskan untuk berhijab. Ketika gue minta izin ke mama, mama nangis sambil bilang "istiqomah ya nak." Ya gue jadi ikutan nangis dan janji untuk ga lepas hijab karena udah mantap niat gue. Kalo diitung, hanya 3 minggu proses pemantapan ini.
Kalo orang beranggapan bahwa hijab adalah bentuk opresi terhadap wanita, gue yakin itu salah. Gue memantapkan niat berhijab tanpa ada  paksaan dari pihak manapun, bahkan orangtua gue. Perempuan bebas dan berhak untuk ngelakuin apa aja terhadap tubuhnya. Kalo perempuan bebas untuk memamerkan tubuhnya untuk publik, maka perempuan juga bebas untuk menutup tubuhnya untuk publik. Itu hak semua perempuan untuk mengambil pilihan atas dirinya sendiri.
Bismillah, gue hijrah untuk jadi pribadi yang lebih baik. Walaupun untuk istiqomah ternyata ga semudah itu. Banyak hal yang jadi ujian. Harus banyak istighfar. Bismillah, Allah selalu bersama hamba-Nya.

You May Also Like

2 komentar