Diberdayakan oleh Blogger.

(SAYA) MENULIS, DULU DAN SEKARANG

Menulis. Sebuah kegiatan yang dipelajari semenjak masih TK dulu. Eh kali jaman sekarang mau masuk TK kudu udah bisa nulis ya? Saya dulu belajar menulis ketika udah di TK nol besar (yang sampe sekarang saya ga tau kenapa penamaan kelasnya nol kecil dan nol besar sih?). Tapi saya inget banget dulu saya bisa baca dulu baru bisa nulis.

Mungkin memang itu tahapnya. Membaca dan menjadi pembaca dulu, baru menulis dan menjadi penulis. Sama ketika di TK, belajar baca dulu baru belajar nulis. Sama ketika kuliah, membaca puisi dulu baru menulis puisi.

Hal itu juga yang membuat saya mencoba mengaktifkan lagi (salah satu dari banyak) blog saya (yang udah ga aktif karena ga inget apa passwordnya). Saya coba baca-baca dulu tulisan bloggers lain, salah satunya atasan saya di kantor tempat saya magang sampai akhir bulan ini. Hehehe ijin nyomot inspirasi ya Mba.

Saya juga ga tau sih apa yang sebenernya mau saya tulis di blog ini. Tapi saya coba tulis apa saja dulu deh. Saya coba meyakinkan diri saya sendiri kalau nantinya blog ini akan bisa lebih terfokus dan terkonsep isinya. Sama seperti ketika TK dulu sewaktu baru bisa menulis dengan font ceker ayam, saya selalu tulis apa saja walaupun sekarang saya yakin saya juga ga bisa baca tulisan saya.

Rasanya seperti siklus, hanya saja sudah naik ‘level’. Di kelas Poetry semester 3 dulu, saya baru belajar membaca puisi dan menganalisanya. Iya, analisa. Meletup kepala ini rasanya kalau inget disuruh baca “Shall I Compare Thee to a Summer’s Day?” karya William Shakespeare dan coba membuat analisanya. Kenapa harus “summer’s day”? Siapa “thee” yang dimaksud di dalam puisi itu? Dsb dsb dsb. Sekarang saya baru menyelesaikan kelas Creative Writing yang ‘memaksa’ saya untuk menulis puisi, cerpen, dan feature dengan berbagai macam teknik penulisan. See? Dari belajar jadi mempraktekkan.

Ah, makin ngelantur aja tulisan saya. Sembari mendengarkan lagu-lagu hasil cover Postmodern Jukebox di Youtube (nanti saya mau tulis tentang mereka di blog ini. Sumpah recommended banget hasil cover mereka!) saya coba repost beberapa hasil tulisan saya di kelas Creative Writing.

Happy reading!

You May Also Like

0 komentar